DEFINISI URETEROLITHIASIS PDF

[] URETEROLITHIASIS Definisi – Pembentukan batu di ureter (Dorland) – Kalkulus atau batu di dalam ureter (Sue Hinchliff, Hal. [] URETEROLITHIASIS Definisi – Pembentukan batu di ureter (Dorland ) – Kalkulus atau batu di dalam ureter (Sue Hinchliff, Hal ) Etiologi. Hydronephrosis, Multiple Renal Cysts, Ureterolithiasis Symptom Checker: ( multiple[] URETEROLITHIASIS Definisi – Pembentukan batu di.

Author: Yozshujind Yorisar
Country: Lebanon
Language: English (Spanish)
Genre: Spiritual
Published (Last): 28 June 2016
Pages: 299
PDF File Size: 18.55 Mb
ePub File Size: 17.88 Mb
ISBN: 364-7-72941-665-8
Downloads: 72451
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Zologul

Hal tersebut justru akan mengurangi kemungkinan batu saluran kemih karena akan mengurangi penyerapan oksalat kalsium memiliki kecenderungan mengikat oksalat menjadi dan sel usus tidak ureterllithiasis menyerap kalsium ureterloithiasis. ESWL merupakan alat pemecah batu ginjal dengan menggunakan gelombang kejut antara kilowatt.

Air dan gelatin mempunyai sifat akustik paling mendekati sifat akustik tubuh sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit pada saat gelombang kejut masuk tubuh.

Batu asam urat terjadi akibat asam urat yang cukup banyak akan menurunkan pH urin menjadi dibawah 5,5. Pathway Ureterolithiasis Doc batu ureter.

Begitu juga dengan adanya obstruksi, apalagi pada pasien-pasien tertentu misalnya ginjal tunggal, ginjal trasplan dan penurunan fungsi ginjal tidak ada toleransi terhadap obstruksi.

Batu ureteral menyebabkan nyeri jenis kolik berat dan hilang timbul yang berkurang setelah batu lewat. Batu itu sendiri disebut calculi. Obstruksi karena batu saluran kemih yang uretsrolithiasis menimbulkan hidroureter atau hidronefrosis dan batu yang sudah menyebabkan infeksi saluran kemih harus segera dikeluarkan. Diet untuk mengurangi kadar zat-zat komponen pembentuk batu.

Meskipun hampir semua jenis dan ukuran batu ginjal dapat dipecahkan oleh ESWL, masih harus ditinjau efektivitas dan efisiensi dari alat ini. Contoh komposisi batu yang mungkin terbentuk dalam saluran kemih adalah batu kalsium oksalat, batu magnesium amonium fosfat struvitbatu ureterolitgiasis urat, batu sistin dan batu lainnya.

  BRISI TECNOLOGIA DEI MATERIALI E CHIMICA APPLICATA PDF

ureterolithiasis

Proporsi kalsium dengan oksalat dalam kalsium oksalat adalah satu banding satu sehingga kelebihan kalsium pada urin tanpa disertai kelebihan oksalat pada urin tidak terlalu meningkatkan pembentukan kalsium oksalat. Untuk itu agregat kristal menempel pada epitel saluran kemih membentuk ureyerolithiasis kristaldan dari sini bahan-bahan lain diendapkan pada agregat itu sehingga membentuk batu yang cukup besar untuk menyumbat saluran kemih.

Posisi pasien sendiri bisa telentang atau telungkup sesuai posisi batu ginjal. Pemeriksaan fisik berdasarka pada survei umum dapat menunjukkan: Komplikasi akut meliputi transfusi, kematian, dan komplikasi keseluruhan.

ureterolithiasis – PDF Free Download

Adanya kolik berulang atau ISK menyebabkan observasi bukan merupakan pilihan. Batu struvite biasanya terjadi apabila didahului dengan infeksi saluran kemih. Pembagian ini cukup penting karena setiap batu memiliki predisposisi yang berbeda, sifat yang berbeda dan pada akhirnya memiliki terapi yang cukup berbeda pula.

Peristalsis pelvis ginjal dan ureter meneruskan air kemih dari ureter ke kandung kemih, mengatasi tahanan pada hubungan antara ureter dan kandung kemuh dan mencegah terjadinya refluks. Pasien seperti definnisi harus segera dilakukan intervensi. Otot-otot pada bagian yang kena berkontraksi untuk mendorong urine untuk melewati obstruksi. Hal laim yang perlu diperhatikan adalah jenis batu apakah bisa dipecahkan oleh ESWL atau tidak. Batu ini bisa terbentuk di dalam ureterolitiasis batu ginjal maupun di defjnisi kandung kemih batu kandung kemih.

Batu jenis ini merupakan satu-satunya batu saluran kemih yang diakibatkan oleh infeksi saluran kemih.

Tidak jarang pasien harus menjalani tindakan nefrektomi atau pengambilan ginjal karena ginjalnya sudah tidak berfungsi dan berisi nanah pionefrosiskorteksnya sudah sangat tipis, atau mengalami pengkerutan akibat batu saluran kemih yang menimbulkan obstruksi atau infeksi yang menahun.

Batu Ginjal di dalam saluran kemih kalkulus uriner adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Ginjal yang sehat bisa mengadakan konpensasi, akan tetapi apabila obstruksi diperbaikiginjal yang sehat pun akan mengalami hypertrophy karena harus mengerjakan pekerjaan ginjal yang tak berfungsi.

  BOCIO TOXICO NODULAR PDF

Batu yang keras misalnya kalsium oksalat monohidrat sulit pecah dan perlu beberapa kali tindakan. Pada batu ginjal nonstaghorn, komplikasi berupa kehilangan darah, demam, dan terapi nyeri yang diperlukan selama dan sesudah prosedur lebih sedikit dan berbeda secara bermakna pada ESWL dibandingkan dengan PNL.

Pencegahan yang dilakukan adalah berdasar atas kandungan unsure yang menyusun batu saluran kemih yang diperoleh dari analisis batu. Renal adalah berkurangnya penyerapan kembali kalsium dari hasil filtrasi glomerulus oleh tubulus-tubulus nefron.

Adanya amonium membuat reaksi dengan magnesium dan fosfat menjadi amonium magnesium fosfat struvite.

Batu ginjal yang sudah pecah akan keluar bersama air seni. Pada TahunHaeusler dan Kiefer memulai uji coba secara in-vitro penghancuran batu ginjal menggunakan gelombang kejut. Prognosis Prognosis batu ginjal tergantung dari faktor-faktor ukuran batu, letak batu, dan adanya infeksi serta obstruksi. Hal ini terjadi juga pada batu saluran kemih.

ESWL hanya sesuai untuk menghancurkan batu ginjal dengan ukuran kurang dari 3 cm serta terletak di ginjal atau saluran kemih antara ginjal dan kandung kemih kecuali yang terhalang oleh tulang panggul. Makin besar ukuran suatu batu, makin buruk prognosisnya. Pembedahan terbuka itu antara lain adalah: Pilihan terapi antara lain: Your consent to our cookies if you ureeterolithiasis to use this website.

Kalsium bebas tersebut memiliki kecenderungan untuk berikatan dengan oksalat atau pun fosfat menjadi kalsium oksalat atau kalsium fosfat lebih jarang.